You are here

PPs UNY Akan Selenggarakan Prodi S3 Pendidikan Kimia

Sejak tahun 2014, Program Pascasarjana UNY terus mengembangkan diri dalam untuk memenuhi permintaan masyarakat. PPs UNY telah menyusun, merevisi, lalu mengajukan proposal untuk pembukaan prodi S3 MIPA, salah satunya adalah S3/Doktoral Pendidikan Kimia. Setelah melewati beberapa proses, proposal yang telah tersusun tersebut sudah diterima dan dievaluasi oleh Dikti dalam hal ini Direktorat Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, berkesempatan divisitasi oleh Tim Evaluator.

Pada Senin, 7 Agustus 2017, Tim Evaluator memvisitasi untuk mengklarifikasi, memverifikasi dan mengecek secara langsung kesiapan PPs UNY untuk mampu menyelenggarakan S3 Pendidikan Kimia. Tim yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc., Prof. Dr. Hilda Zulkifli, Prof. Dr. Yulianto, Ibnu Akil, M.Kom. dan dua orang staf, disambut langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa didampingi WR IV, Direktur PPs, Asdir I, Tim Penjaminan Mutu, dan dosen Pendidikan Kimia.

“Kami merasa bangga dan terhormat karena dinilai layak oleh Dikti untuk membuka prodi S3 Pendidikan Kimia. Untuk itu, kehadiran Bapak/Ibu Tim Evaluator, kami harapkan berkenan memberikan saran, masukan untuk mendukung persiapan kami menyambut para alumni S2 Pendidikan Kimia dari seluruh indonesia. Kami merasa percaya diri karena di sini didukung oleh dosen yang sangat produktif dalam penelitian dan bahkan banyak yang artikelnya telah publish di jurnal yang terindeks Scopus”, tegas Sutrisna.

“Di Indonesia saat ini sudah banyak PT yang menyelenggarakan Magister Pendidikan Kimia, namun, baru ada satu PT yang menampung alumninya dengan menyelenggarakan program Doktoral, yaitu PPs UM Malang. Oleh karena itu, sudah saatnya kami hadir untuk mencetak Ilmuwan dalam bidang Pendidikan Kimia melalui pembukaan prodi S3 ini”, ujar Dr. Senam selaku inisiator pembukaan prodi S3 Pendidikan Kimia.

Kami memberanikan diri mengajukan proposal ke Dikti, mengingat mendesaknya kebutuhan adanya prodi tersebut. Selain itu,  SDM yang kami miliki beserta sarana prasarana seperti gedung perkuliahan yang representatif saat ini sangat mendukung terselenggaranya prodi S3 Pendidikan Kimia”, tambah WR IV UNY ini.

Paparan masalah kesiapan penyelenggaraan prodi juga disampaikan oleh kaprodi S2 Pendidikan Kimia, Dr. Hari Sutrisno. Selain itu, juga didukung oleh paparan penelitian yang berjalan di UNY oleh Dr. Suyanta (Ketua LPPM) dan juga tambahan informasi dari dosen yang akan mengajar di prodi jenjang Doktor ini.

Selanjutnya Tim Evaluator melakukan diskusi dengan pimpinan UNY dan calon pengajar prodi. Prof. Dr. Hilda Zulkifli memberikan masukan agar penyelenggaraan prodi ini dikawal dengan baik agar tidak keluar dari rel kependidikan. “UNY merupakan institusi pendidikan yang menjadi rujukan bagi LPTK lainnya. Maka dari itu mohon dikawal betul penyelenggaraan prodi ini agar capaian pembelajaran bisa diperoleh sesuai mekanisme yang ada”, ujar Guru Besar Unsri Palembang ini.

Kegiatan evaluasi dilanjutkan dengan mencermati setiap standar dalam proposal dan melakukan update data dan informasi yang ada. Hasil evaluasi lapangan ini dituangkan dalam berita acara yang sudah disetujui oleh kedua pihak baik dari PPs UNY maupun Tim Evaluator. Selanjutnya hasil ini akan diserahkan ke Direktorat Kelembagaan Dikti untuk dipergunakan sebagai landasan penerbitan Ijin Penyelenggaraan prodi S3 Pendidikan Kimia di Program Pascasarjana UNY. (Rubiman).

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id