You are here

DELEGASI UNY DALAM INTERNATIONAL SOCIETY FOR TEACHER EDUCATION ASIA PASIFIC REGIONAL CONFERENCE DI MALAYSIA.

KMP UNY - Mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) mengikuti konferrensi internasional dalam judul International Society For Teacher Education Asia Pasific Regional Conference di Malaysia.

Konferensi ini diadakan oleh Infrastructure University Kuala Lumpur dan berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 21-22 November 2016 di Hotel Palm Garden IOI Resort, Putra Jaya, Malaysia. Dalam kegiatannya, konferensi tersebut mengusung tema "Global Citizenship Education"

Terdapat 79 paper yang dipresentasikan oleh 30 orang ahli dari Malaysia dan 49 presenter dari negara lain, seperti Indonesa, Filipina, Jepang, Hongkong, India, Australia, Taiwan, Cina, Norwegia, Denmark, USA, Mauritius, Vietnam, Uni Emirat Arab dan Afrika Selatan.

Perwakilan dari Indonesia didominasi oleh delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 19 orang mahasiswa pascasarjana, terdiri dari program studi bimbingan dan konseling, pendidikan kimia, pendidikan biologi, pendidikan anak usia dini, pendidikan sekolah dasar, teknologi pembelajaran dan pendidikan matematika. Selain mahasiswa UNY, terdapat tujuh orang dosen fakultas ekonomi UNY yang ikut serta dalam konferensi.

Delegasi tersebut dikomandoi oleh Setyabudi Indarto, Ph.D. Setyabudi merupakan pemateri dan pembimbing dalam pelatihan penulisan paper yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UNY pada setiap hari sabtu dalam kegiatan Journal Writing. Output dari kegiatan journal writing adalah proposal penelitian yang siap diikut sertakan pada konfernsi internasional.

Kegiatan ini membuka cakrawala berpikir mahasiswa UNY untuk menerima masukan dalam perspektif global. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menjadi pengalaman berharga bagi para peserta karena mahasiswa UNY diberi kesempatan mempresentasikan paper meereka dalam diskusi paralel dan Sharing in Group (SIG) di hadapan berbagai presenter di negara lain.

SIG memberikan pengalaman belajar yang luar biasa karena peserta dibagi menjadi delapan meja dengan didampingi satu orang reviewer. Kemudian saran, masukan dan kritikan yang membangun diberikan dalam rangka penyempurnaan paper.

Deadline Full paper harus di submit pada tanggal 21 April 2017. Paper yang terpilih akan dipublikasi pada journal International society for teacher education pada Desember 2017. Kegiatan diakhiri dengan city tour yakni berkeliling Kuala Lumpur, Putra Jaya dan Malaka.

Salah satu peserta, Nindya Ayu Pristanti yang juga merupakan pengurus KMP yang menjadi presenter dalam International Conference ini mengatakan bahwa Keluarga Mahasiswa Pascasarjana telah berhasil mewujudkan salah satu misi UNY menjadi World Class University melalui kegiatan rutinan journal writing dengan tema KMP UNY goes to Malaysia.

"Kegiatan yang penuh pengalaman ini harus dilanjutkan oleh pengurus KMP berikutnya dengan mengikuti berbagai international conference dengan terlebih dahulu mempersiapkan amunisi berupa pelatihan journal writing setiap pekan yang didampingi oleh dosen yang berpengalaman dalam penulisan dan publikasi," ucap mahasiswa yang berasal dari Medan. (HUMAS KMP)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)